Pergi Wisata? Perhatikan Tips Memilih Travel Bus Pariwisata yang Tepat Berikut Ini

Menjelang waktu libur, tentunya tidak lengkap jika tanpa diisi dengan kegiatan liburan agar lebih menyenangkan. Bagi Anda yang ingin berlibur dengan keluarga besar, kerabat, teman-teman kantor, hingga acara gathering atau study tour. Maka kendaraan adalah hal penting yang harus disiapkan. Biasanya, masyarat senang menggunakan bus pariwisata. Untuk itu, jika kegiatan liburan Anda bersama rombongan, perhatikan terlebih dahulu tips dalam memilih travel bus pariwisata berikut.

Khusus untuk anda yang akan melakukan perjalanan Jakarta - Bandung atau sebaliknya maka silahkan lihat dulu artikel sebelumnya yang berjudul, "Cermat Memilih Travel Bus Jakarta Bandung yang Murah"

Tentukan Jenis Travel Bus Pariwisata yang Digunakan

Tips yang pertama ini tentunya merupakan langkah awal dan tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, memilih dan menentukan jenis bus yang akan digunakan sangat memengaruhi perjalanan Anda nantinya. Seperti yang diketahui, bus pariwisata ini mempunyai jenis-jenis yang beragam. Dari mulai merek bus, kapasitas bus, hingga fasilitas bus.

Melihat beberapa hal tersebut, maka rinci terlebih dahulu apa yang Anda butuhkan. Buat rancangan berapa banyak orang yang akan menaiki bus tersebut, dan tentukan fasilitas apa yang diinginkan. Jika ingin bus dengan AC, jangan sampai salah pilih menjadi non-AC. Pun jika ingin ada hiburan, pilih juga yang menyediakan fasilitas karaoke, misalnya.

Perhatikan Tujuan Wisata Anda

Bagaimana pun, tujuan wisata sangat memengaruhi bagaimana pemilihan travel bus pariwisata Anda nantinya. Tujuan ini perlu diperhatikan karena tidak semua bus menyediakan jasa untuk tujuan-tujuan tertentu. Baik dikarenakan jaraknya yang terlampau jauh, atau hal lainnya.

Tujuan wisata pun akan menentukan bagaimana jumlah hari yang akan digunakan untuk menyewa bus. Bahkan bisa menentukan juga bagaimana perhitungan harga sewa nantinya. Dengan begitu, Anda pun akan lebih jelas dalam membuat rincian perihal agenda beserta budgeting.

Tentukan Jenis Penyewaan

Seperti yang diketahui, ketika Anda akan menyewa sebuah bus akan dihadapkan pada jenis sewa atau rental. Biasanya, akan ada beberapa ketentuan tertentu yang diberlakukan oleh penyedia sewa bus. Jika perjalanan Anda jauh, maka bisa menyewa untuk beberapa hari. Pun jika hanya sekadar mengantar jemput, merental bus sistem harian pun bisa dijadikan pilihan.

Pilih Penyedia Travel Bus Terpercaya

Tips selanjutnya dalam memilih layanan sewa bus pariwisata adalah menentukan penyedia travel yang cocok dan terpercaya. Memilih penyedia bus yang terpercaya sangat penting dan tidak boleh dilewatkan demi kelancaran dan kenyamanan perjalanan Anda. Untuk menentukan apakah penyedia jasa terpercaya atau tidak, maka banyak faktor yang harus diperhatikan.

Beberapa faktornya bisa dimulai dari testimonial pelanggan yang sudah menggunakan jasanya, hingga bagaimana respon dari pihak penyedia bus. Lebih baik lagi jika Anda mengetahui jelas di mana lokasi atau alamat kantornya, siapa pemiliknya, hingga kendaraan bus yang disewakannya.

Lihat Fasilitas Bus

Berwisata tentunya dilakukan sebagai kegiatan refreshing. Baik setelah penat belajar, penat bekerja, atau sekadar untuk mencari suasana baru. Apalagi jika perjalanan wisata Anda memerlukan jarak dan waktu tempuh yang cukup jauh serta lama. Maka, kenyamanan bus pun harus diutamakan. Tentunya, Anda ingin perjalanan Anda berlangsung menyenangkan, bukan?

Baca juga: Armada Sewa Bus Mudik Bekasi

Untuk itu, penting sekali dalam melihat bagaimana penyediaan fasilitas dari travel bus pariwisata yang Anda pilih. Sesuaikan dengan fasilitas yang Anda butuhkan. Jika ingin ada AC dan fasilitas karaoke, pastikan semuanya berfungsi  dengan baik. Lihat juga bagaimana kondisi bus, dari mulai kebersihannya, kualitas mesin, kualitas komponen bus, hingga profesionalitas driver-nya.

Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan perihal penawaran harga. Sesuaikan penawaran harga dengan budgeting yang Anda miliki beserta fasilitas yang disediakan. Utamakan fasilitasnya sesuai dengan harga, lebih baik lagi jika harga murah dan terjangkau namun kualitas tidak murahan. Nah, itulah beberapa tips dalam memilih travel bus pariwisata yang tepat demi kenyamanan dan kelancaran wisata Anda.