Gedung Museum Kebangkitan Nasional Sebagai Pilihan Study Tour Untuk Membangkitkan Nasionalisme

Salah satu destinasi wisata yang cocok untuk study tour adalah berwisata ke museum. Sebagai tempat menyimpan sejarah, museum bisa menjadi tujuan wisata pendidikan yang tepat, karena dapat memberikan ilmu pengetahuan baru dan mengajarkan banyak hal termasuk nilai-nilai positif yang ada di lingkungan sekitar.

Gedung Museum Kebangkitan Nasional


Salah satunya, Anda bisa membawa siswa-siswi dari sekolah dengan sewa bus pariwisata Jakarta dari Mustikaholiday.id menuju Gedung Museum Kebangkitan Nasional. Yakni sebuah Museum yang terletak di Jakarta Pusat tersebut. Museum Kebangkitan Nasional memperlihatkan kondisi masyarakat Indonesia pada masa kebangkitan dahulu. Yakni pada saat munculnya kesadaran nasional serta terbentuknya gerakan modern pertama di Indonesia yang dikenal dengan nama Boedi Oetomo.

Asal Mula Gedung Kebangkitan Nasional

Sebelum menjadi Museum Kebangkitan Nasional, pada jaman Belanda gedung ini berfungsi sebagai Sekolah Kedokteran yang bernama STOVIA (School tot Opleiding van Inlandsche Artsen). Dalam perkembangannya, beberapa kali Gedung Kebangkitan Nasional beralih fungsi, sebelum menjadi museum seperti saat ini.

Saat ini, Gedung Museum Kebangkutan Nasional terbuka untuk umum. Anda bisa menuju ke sana dengan sewa bus pariwisata Jakarta untuk rombongan study tour dan datang pada jam operasional yakni dari Hari Selasa-Minggu jam 08.00 – 16.00 WIB.

Koleksi Museum Kebangkitan Nasional

Saat memasuki gedung Museum Kebangkitan Nasional, Anda akan disuguhi suasan jaman dahulu dimana para pemuda Indonesia masih belajar di ruang kelas dengan menggunakan pakaian adat masing-masing. Sehingga rombongan siswa-siswi sekolah juga bisa belajar mengenai keragaman budaya yang terdapat di tanah air.

Baca juga: Ingin Likes Instragram Bertambah? Kunjungi Wisata Hits di Lampung Saat Liburan Anda!


Selain itu, juga bisa melihat seperti apa situasi ruang belajar pada masa itu. Ada ruang kelas dan laboratorium. Lalu kondisi asrama, tempat olahraga, kantin, dapur dan juga aula.Setidaknya terdapat 2.042 koleksi di dalam museum ini. Terdiri dari koleksi bagunan, mebel, jam dinding, pakaian, perlengkapan kesehatan, foto dan lukisan, patung, diorama, senjata, serta miniatur-miniatur.
Seluruh koleksi dapat dilihat pada ruang-ruang pameran yang terdapat di dalam museum yakni:
  • Ruang awal pergerakan.
  • Ruang kesadaran nasional.
  • Ruang pergerakan.
  • Ruang memorial Boedi Oetomo.

Untuk menuju ke Museum Kebangkitan Nasional, Anda bisa sewabus pariwisata dari sekolah, menuju Museum Kebangkitan Nasional yang tepatnya berada di Jl. Dr. Abdul Rahman Saleh No.26, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat.