Spesifikasi Ukuran Panjang, Lebar, dan Tinggi Bus Pariwisata

Ukuran bus pariwisata merupakan salah satu hal yang dapat anda ketahui, apalagi jika anda merupakan salah satu orang yang cukup ngefans dengan kendaraan yang satu ini. Kendaraan beroda empat dan memiliki banyak bangku penumpang ini dapat menjadi primadona bagi anda yang berpergian khususnya wisata bersama rombongan, selain dapat menampung banyak penumpang bus pariwisata umumnya memiliki banyak fasilitas yang nyaman. Namun, sebelum anda mencoba sewa bis pariwisata pilihan anda simak review spesifikasi bus berikut ini yang dapat anda jadikan sebagai referensi dikemudian hari. 

Review Ukuran Bus Pariwisata Terbaru

Bus pariwisata yang biasa digunakan biasanya dibedakan menjadi tiga ukuran yaitu ukuran micro, standar dan ukuran high deck. Masing-masing dari tipe ukuran bus tersebut memiliki spesifikasi tinggi bus pariwisata dan panjang bus pariwisata yang berbeda. Berikut ini spesifikasi untuk ukuran micro,  standar dan high deck yang perlu anda ketahui : 

1. Spesifikasi bis ukuran standar

  • Panjang = 5,5 Meter
  • Lebar     = 1,7 Meter
  • Tinggi    = 2,6 Meter

2. Spesifikasi bis ukuran standar 

  • Panjang = 12 Meter
  • Lebar     = 2,5 Meter
  • Tinggi     = 3,3 Meter

3. Spesifikasi bis ukuran high deck

  • Panjang  = 12 Meter
  • Lebar      = 2,5 Meter
  • Tinggi     = 3,5 - 3,8  Meter
Perbedaan spesifikasi antara ukuran micro, standar dan hi deck terletak pada tinggi bus pariwisata itu sendiri, high deck biasanya dibuat lebih tinggi daripada ukuran standar. Bis high deck saat ini dapat anda temuka beroperasi di kota-kota atau pun daerah, peminat dari bus ini pun tidak kalah dari ukuran standar. Masing-masing dari ukuran bus tersebut juga memiliki peruntukkan tersendiri yang dapat disesuaikan dengan kebutuhkan pelanggan. 

1. Micro Bus 

Bus dengan ukuran yang dapat dikatakan paling kecil dari pada jenis pun lainnya ini sangat cocok untuk mengangkut penumpang antara 10-15 orang. Fasilitas seats yang disediakan pun tergolong nyaman dan dapat menjadi alternatif untuk pilihan transportasi. Micro bus rata-rata digunakan untuk perjalanan di dalam kota atau perjalanan dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh, namun ada kalanya micro bus juga dapat dipergunakan untuk wisata hingga keluar kota. 

2. Bus Standar

Dengan ukuran bus pariwisata yang standar biasanya dapat menampung penumpang antara 40-50 orang. Bus ini rata-rata menjadi pilihan jika membawa rombongan yang lumayan banyak ke suatu tempat. Biasanya fasilitas bus dilengakapi dengan toilet di dalam sehingga dapat mempermudah para penumpang. Bus standar ini banyak ditemukan di kota-kota atau daerah dan beberapa pelanggan menyewa di pusat sewa bus untuk berbagai keperluan. 

3. Bus Hi deck

Ukuran hi deck disebut-sebut paling besar diantara jenis bus lainnya, daya tampung yang dimiliki oleh jenis bus ini dapat mencapai antara 40-60 orang. Fasilitas yang tersedia didalam bus ini pun sudah tidak diragukan oleh banyak pelangganya. Ruangan didalam bus yang lebih lega menjadi salah satu kelebihan yang tidak dimiliki oleh jenis lainnya. Bus hideck yang memiliki ukuran bus pariwisata paling besar ini sangat cocok digunakan untuk perjalanan jauh dalam artian keluar kota bahkan keluar provinsi. Bagasi yang disediakan oleh jenis bus yang satu ini pun dapat memuat banyak barang bawaan, sehingga anda dan rombongan dapat leluasa membawa barang bawaan yang dibutuhkan.

Spesifikasi dan beberapa jenis bus diatas dapat menjadi referensi terbaik anda jika ingin merencanakan untuk berpergian bersama. Di samping tipe bus yang beragam dari segi ukuran, pilihan agen travel bus saat ini juga sudah begitu banyak dengan layanan bervariatif. Karena itu pastikan anda tahu bagaimana cara memilihnya dengan tepat. Nah, untuk mengetahuinya silahkan baca disini.